Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Selamat Datang di Website SD Negeri Bunpenang III (BUPEGA) Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur

Arti Persahabatan

 


Berawal dari pertemuan pendaftaran siswa baru di sebuah Sekolah Dasar, ada tiga anak yang berasal dari tiga daerah yang berbeda yang ikut orang tuanya merantau. Tiga anak tersebut bernama Dodi,Arman dan Aldo mereka adalah siswa baru di sebuah Sekolah Dasar. Sebelum resmi menjadi siswa Sekolah Dasar  akan diakan kegiatan MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang dilaksanakan selama tiga hari di sekolah. Pada saat  kegiatan MOS berlangsung akan dibagi kelasnya oleh seorang guru. Pada saat dibagi kelas Dodi satu kelas dengan Arman dan belum berkelanan dengan teman-teman barunya, Aldo pun pada saat kumpul di lapangan masih merasa malu-malu dengan teman barunya, Dodi selalu bersama Arman dan Aldo pada saat di sekolahan.

Setip hari minggu mereka bermain bersama di rumah Arman sambil mendegarkan cerita dari ayah Arman.Tak terasa lima tahun berlalu mereka sudah memasuki kelas enam dan sebentar lagi menghadapi ujian sekolah.Mereka mempersiapkan segala apa yang di butuhkan untuk ujian Dodi,Arman dan Aldo belajar bersama di rumah Dodi.Setelah mereka selesai melaksanakan ujian sekolah Keesokan harinya tepatnya pada saat hari minggu libur sekolah mereka  pergi bersama teman-temannya untuk berenang, saat berenang Dodi dan teman-temannya pun langsung menuju ke kolam dan kami pun langsung berenang. 

Pada saat  kelulusan tiba, Dodi dipertemukan kembali bersama Arman dan Aldo, mereka merasa senang akhirnya bisa lulus, sehingga pertemanan mereka terjalin dengan akrab dan dekat dari mulai belajar bersama. Meskipun sifat mereka berbeda-beda namun saling memahami satu sama lain sehingga mereka tetap bersahabat.

Dodi, Arman, dan Aldo adalah tiga sahabat yang persahabatannya tercipta bukan karena ada sesuatu alasan. Mereka bersahabat karena saling mengenal dan memahami perbedaan. Perbedaan dapat disatukan bila kita saling menerima, mengerti, dan memahami.

Pada suatu hari mereka ngobrol membicarakan mengenai masalah impian masing-masing, mereka bertiga mempunyai rencana untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi yaitu SMP.Mereka mempunyai impian bersama untuk mendaftar ke sekolah yang sama supaya tetap satu sekolah.Di awal tahun ajaran baru mereka bertiga bersiap-siap untuk mendaftar ke sekolah yang baru,mereka mempersiapkan syarat yang diperlukan.Berapa jam kemudian mereka bertiga berangkat ke sekolah yang dituju untuk mendaftar,setelah sampai di sekolah mereka langsung menuju loket pendaftaran ternyata disana sudah banyak anak-anak yang lain yang antri untuk mendaftar.Sambil menunggu antrian mereka mengobrol ditempat duduk yang telah disediakan oleh panitia pendaftaran.Lalu selesai mendaftar mereka langsung pulang bersama ,setelah sampai dirumah Dodi , Arman dan Aldo pamitan kepada Dodi untuk pulang kerumahnya masing-masing.

Berapa hari kemudian tiba saatnya Masa Orentasi Siswa (MOS), mereka lalu bertiga berangkat lagi ke sekolah. Setelah tiba di gerbang sekolah mereka bergegas menuju halaman sekolah, disana banyak sekali siswa baru sedang duduk-duduk di sekitar halaman sekolah.Tak lama kemudian datanglah kakak OSIS memerintahkan untuk berkumpul dihalaman sekolah. Semua kakak OSIS memberikan pengarahan tentang kegiatan MOS ini sambil membagikan ruangan kepada semua grup yang sudah ditentukan,setelah itu lansung diperintah masuk ke ruangan kelas.

Setelah tiga hari  mereka melaksanakan MOS lalu tiba saatnya mengikuti pelajaran di kelas.Selama mereka sekolah di SMP pertemanan mereka tambah akrab.Di dalam kelas Dodi duduk sebangku dengan Arman sedangkan Aldo duduk dengan teman yang lain.Selama mereka sekolah di SMP mereka sangat disenangi guru dan teman temannya.

Waktu terus berjalan enam tahun berlalu  tak terasa mereka selesai sudah pendidikan SMP .Mereka pun melanjutkan sekolah yang lebih tinggi yaitu SMA,mereka juga satu sekolah kemudian setelah lulus SMA, mereka berencana melanjutkan ke perguruan tinggi, pada waktu itu mereka sedang asyik mengobrol di rumah Arman, mereka bicara masalah kemana akan melanjutkan sekolah, setelah itu mereka punya kesepakatan untuk tetap ingin satu sekolah tetapi jurusan yang di pilih berbeda - beda  Arman memilih fakultas kedokteran,Dodi memilih fakultas ekonomi sedangkan Aldo memilih jurusan petanian.

Tak terasa 16 tahun mereka bersahabat telah menghasilkan sarjana lalu sejak lulus dari kuliah baru berpisahan terjadi ,mereka kembali ke kampung halaman masing-masing. Sejak mereka berpisah di kampung halaman masing – masing, mereka sibuk mencari kerja. Aldo yang memiliki ilmu pertanian mulai dipraktekkan di kampung halamannya, sedangkan Dodi yang lulus dari fakultas ekonomi memilih untuk bekerja disuatu perusahan dan Arman sukses menjadi seorang dokter spisialis.

Tiga tahun berlalu sejak mereka berpisah,masing-masing mereka sudah mempunyai keluarga.Waktu itu Aldo mempunyai tiga orang anak tetapi keadaan ekonomi keluarganya masih kekurangan, pekejaan Aldo setiap hari bercocok tanam bersama keluarga, setiap panin Aldo kadang untung kadang rugi. Berbeda dengan keadaan kedua teman Aldo yaitu Dodi dan Arman keduanya mempuyai pekerjaan yang  mapan, Dodi menjadi pengusah yang sukses sedangkan Arman menjadi dokter sepisialis yang terkenal.


Setelah lulus diperguruan tinggi mereka tidak pernah bertemu kembali,tentunya sangat sulit untuk bertemu dengan teman seperjuangannya saat duduk di bangku sekolah. Setiap orang mempunyai mimpi dan ingin mengejar mimpi tersebut, namun harus rela untuk meninggalkan orang-orang tersayang.

Disibukkan dengan kegiatan masing-masing tentunya membuat mereka sulit untuk kembali bertemu dengan teman lama. Seiring dengan perkembangan teknologi, menemukan teman atau sahabat yang sudah lama tidak jumpa tentunya lebih mudah.Sekian lama mereka tidak bertemu rasa kangen,rindu sudah mulai terasa Aldo mulai berfikir bagaimana bisa bertemu dengan teman lamanya.

Aldo duduk sendiri dibelakang rumahnya sambil buka hanponnya sambil mencari media sosial untuk menemukan akun temannya.Satu jam kemudian Aldo menemukan akun facebook Arman setelah itu mereka pertemanan di facebook, Aldo sangat gembira sekali karena 28 tahun tidak bertemu.Setelah sekian lama berteman di facebook mereka ingin bertemu kembali untuk melepaskan rindu mereka.

Setelah beberapa lama mereka berteman di facebook, Aldo dan Arman sama-sama sibuk mencari akun teman yang satunya yaitu Dodi.Dodi yang sibuk dengan usahanya juga merasa ingin  bertemu dengan teman lamanya.Dia berusaha mencari akun facebook  Arman dan Aldo  di media sosial akhirnya mereka bertiga berteman di facebook.

Pada akhirnya mereka mengadakan pertemuan di darat, Saat pertemuan tersebut, mereka melepaskan rindu. Mengulang kembali cerita masa sekolah adalah suatu hal yang seru dan menyenangkan. 28 tahun tidak bertemu dan kembali bernostalgia adalah momen-momen yang bikin haru

SEKIAN TERIMAH KASIH

Penulis : SURYONO,S.Pd.

SDN Bunpenang III




Suryono Abidah
Suryono Abidah Sabar dan semangat

Posting Komentar untuk "Arti Persahabatan"